Survei Eksternal Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB Lembaga Administrasi Negara


Survey ini merupakan pemenuhan pelaksanaan penilaian mandri RB di lingkungan LAN dalam memenuhi amanah dari Permenpan Nomor 1 Tahun 2012. Survey ini ditujukan bagi pemangku kepentingan (pengguna layanan LAN) guna mendukung obyektifitas hasil penilaian mandiri RB. Mohon perkenan Bapak/Ibu Stakeholder untuk mengisi kuesioner ini, kerahasiaan survey ini dijaga dengan baik berdasar kode etik penelitian dan tidak akan mempengaruhi pekerjaan Bapak/Ibu, atas partisipasi Bapak/Ibu dengan memberikan waktu, tenaga dan pikirannya, kami atas nama LAN mengucapkan terima kasih.

Model PMPRB memiliki 2 (dua) komponen yaitu : Pengungkit (enablers) dan Hasil (result). Hubungan sebab akibat antara Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi instansi melalui inovasi dan pembelajaran, dimana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja instansi pemerintah secara berkelanjutan. Komponen pengungkit sangat menentukan keberhasilan tugas Lembaga Administrasi Negara sedangkan komponen hasil berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan. 

Untuk melakukan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi LAN, Tim mengumpulkan data/informasi dan bukti (evidence), serta survei. Survei dilakukan dalam rangka memperoleh data berdasarkan opini responden atas pertanyaan yang diberikan guna mendukung obyektifitas hasil penilaian mandiri.

Survei ini memiliki 23 pertanyaan

Karakteristik Responden

1. Nama Responden
2. Nama Instansi
3. Nama Jenis Layanan yang diberikan
4. Penyelenggara Layanan
Pusat Kajian dan Pelatihan Pendidikan Aparatur (PKP2A)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
Pusat Kajian dan Inovasi LAN
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Aparatur Nasional (Pusdiklat KAN)
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional (Pusdiklat TF)
Pusat Pembinaaan Pengembangan Program Diklat (P3D)
Pusat Pembinaan Pengembangan Widyaiswara
Pusat Pembinaan Analis Kebijakan

5. Kepuasan masyarakat/pengguna layanan atas kinerja instansi yang telah diberikan
  Sangat Setuju Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara memiliki standar kualitas layanan yang baik dan dapat diterima
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara telah meningkatkan kualitas layanan yang diberikan
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara memberikan kemudahan dalam mendapatkan layanan : Jam operasi layanan dan memperkecil lama waktu tunggu pelayanan
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara memiliki pegawai yang sangat sopan dan menyenangkan dalam memberikan layanan
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara telah meningkatkan keterlibatan dan partisipasi pengguna layanan/stakeholder dalam pemberian masukan atau saran perbaikan
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju

6. Apakah ada komponen biaya tambahan (diluar biaya/tarif resmi) yang Anda harus bayarkan?
Ada, jumlahnya sangat besar
Ada, jumlahnya cukup besar
Ada, jumlahnya sangat kecil
Tidak ada
7. Jika ada, untuk keperluan apa biaya tambahan yang telah dibayarkan tersebut?
Fee petugas
Ucapan terima kasih
Mempercepat urusan
Sumbangan sukarela
Tidak dijawab

8. Apakah Anda pernah memberikan sejumlah uang/barang (gratifikasi) kepada petugas di lingkungan Lembaga Administrasi Negara agara proses layanan dipermudah/dipercepat?

 

Sering
Jarang
Kadang - kadang
Tidak pernah
9. Jika pernah, Kapan gratifikasi tersebut diberikan ?
10. Jika pernah, Berapa kali dalam satu tahun anggaran anda memberikan gratifikasi
Lebih dari 5 kali
2 sampai dengan 5 kali
2 kali
1 kali
Tidak dijawab
11. Apa pendapat Anda tentang Gratifikasi ?
Perbuatan yang wajar dan boleh dilakukan
Perbuatan yang boleh dilakukan kalau terpaksa
Perbuatan yang memalukan dan tercela
Perbuatan yang melanggar hukum dan harus dilaporkan
Tidak dijawab
12. Menurut Anda, apakah yang menjadi tujuan dari pemberian gratifikasi ?
Mempererat tali silaturahmi
Menunjukkan rasa dan kepedulian sesama
Cara menunjukkan maksud baik pemberi
sebagai balas jasa
telah menjadi tradisi (ulang tahun, pernikahan, hari besar keagamaan dan lain sebagainya)
Lainnya:
13. Apakah Anda pernah melakukan pertemuan dengan pegawai Lembaga Administrasi Negara di luar prosedur untuk mendapatkan layanan?
Sering
Jarang
Kadang - kadang
Tidak pernah
14. Apakah dalam menerima layanan, Anda mempergunakan pihak lain sebagai penghubung/perantara?
Memerlukan keterlibatan penghubung/perantara
Tidak memerlukan keterlibatan penghubung/perantara
15. Berdasarkan pengalaman ketika mendapatkan layanan Lembaga Administrasi Negara, fasilitas apa saja yang tersedia di lingkungan unit layanan Lembaga Administrasi Negara?
parkir
satpam
petugas front office
Ruang tunggu
Tempat duduk/kursi
AC
Papan pengumumam
Tempat sampah
Toilet
Pengeras suara
Lainnya:
16. Apakah Anda mengetahui prosedur dalam pemberian produk dan jasa pelayanan Lembaga Adminisrasi Negara?
Tidak ada
Tidak tahu
Tidak yakin (mungkin)
Ya
17. Apakah Anda pernah mengalami dan/atau melihat adanya praktik ketidakadilan pemberian pelayanan (dikriminasi/pembedaan pelayanan pelayanan atas dasar sosial, ekonomi, agama, suku, golongan) yang dilakukan oleh petugas?
 
Sangat sering
Sering
Kadang - kadang
Tidak pernah
18. Apakah Anda pernah menyampaikan pengaduan/keluhan atau saran yang berkaitan dengan perbaikan pelayanan ?
 
Sering
Kadang - kadang
Jarang
Tidak pernah
19. Apakah Anda mengetahui jenis pelayanan melalui halaman website www.lan.go.id ?
Tidak
Tidak tahu
Mungkin
Ya
20. Jika Ya, apakah Anda pernah memanfaatkan fasilitas website tersebut ?
Tidak pernah karena teknologi yang ada tidak berfungsi
Tidak pernah karena tidak memerlukan
Pernah
Selalu mempergunakan
Tidak dijawab
21. Menurut Anda, apakah Lembaga Administrasi Negara merupakan lembaga yang Anti Korupsi ?
Tidak tahu
Tidak
Mungkin
Ya

22. Sub - kriteria hasil yang dirasakan oleh pemangku kepentingan, berdasarkan hasil pengukuran sosial 

 
  Sangat Setuju Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara memiliki reputasi yang baik di masyarakat
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara memberikan dampak terhadap stabilitas keamanan nasional
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara menerapkan nilai - nilai kesadaran atas lingkungan hidup dalam melaksanakan pekerjaan
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara menerapkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara, menurut Anda sebagai masyarakat berkinerja baik
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju

23. Sub - kriteria indikator kinerja dalam bidang kemasyarakatan yang dicapai oleh institusi

 

  Sangat Setuju Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara membina hubungan dengan perwakilan dari masyarakat (Ikatan Widyaiswara Indonesia, Institusi Pendidikan , Pers )
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara membina hubungan keterlibatan sosial antara pengunjung/pengguna layanan dan pegawai.
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Lembaga Administrasi Negara melakukan transfer pengetahuan dan informasi dengan pihak lain.
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju